Pengikut Kolot...

Sabtu, 31 Maret 2012

Rohisku, Komunitasku, Aksiku

Assalammu'alaikum ya akhi wa ukhti. Apa kabar nih? Semoga kita selalu dalam keadaan baik dan selalu dalam lindunganNya. Alhamdulillah, ana bersyukur kepadaNya, karena berkat NikmatNya lah ana dapat membuat tulisan ini yang rencananya akan diikutkan dalam lomba blog serta buat berbagi cerita ana. Shalawat serta salam juga tidak lupa ana hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang bersama para sahabatnya telah berjuang sehingga sekarang ini kita dapat merasakan indahnya beriman dan berislam. Semoga kita selalu Istiqomah sebagai pengikut dan penerus risalahnya. Allahumma Amin...

Bingung ya dengan bacaan yang di atas? Mungkin pada nanya begini, ini orang mau ngeblog atau mau ceramah?. Oke, kali ini saya bukan mau ceramah, tapi saya mau cerita tentang saya bersama sebuah komunitas. Nama komunitas itu adalah Rohis. Well, ini dia cerita saya #NgarepdiBaca

Rohis? What it is?
Rohis itu apaan sih? Bagi kamu yang belum tahu tentang Rohis, nih saya jelasin sedikit apa itu Rohis. Rohis itu adalah sebuah akronim (singkatan.red) dari Rohani Islam, itu loh komunitas/ekskul di SMA yang bergerak di bidang Dakwah Sekolah. Saya yakin, buat yang dulu SMA sudah ada Rohis pasti akan sedikit ngerti tentang komunitas satu ini.
Widih, Dakwah, ya MasBro? Pasti isinya anak alim-alim! Ini dia sebuah kebiasaan penilaian terhadap anak-anak Rohis. Kita bisa di cap anak yang alim-alim terus kerjaannya sembahyang dan mengaji (kaya' lagu si Doel anak Betawi). Kalo' yang ini sih Alhamdulillah, tapi biasanya tuh ada
tambahan kaya' gini, anak Rohis tuh kaku bin pendiem dicampur bosenin dan ngumpulnya sama yang sejenis (sesama anak Rohis, maksudnya). But, that's wrong, guys! Yang saya rasain justru sebaliknya, anak Rohis tuh asyik bin kocak dicampur terbuka, dan temennya universal (ndak termasuk makhluk halus). Satu lagi nih, anak Rohis tuh biasanya imut-imut, kaya' saya.hehehehe #PeDe  #AmitAmit

My Introduce With Rohis :)
Kalo' cerita ini, saya bernostalgia dengan yang terjadi sekitar 2 tahun yang lalu, tepatnya waktu saya kelas 1 SMA. Waktu itu sedang di adakan SMANSA CUP (FYI, kelas 1 SMA saya di SMA N 1 Kebumen). Nah, ketika itu kelas saya ada jadwal tanding bola sepulang sekolah. Sambil nunggu waktunya, saya ngikut temen saya, Muhammad Muchlas Rifa'i (call him, Fa'i) buat ngrujak bareng anak Rohis. Nah, habis acara rujakan ini lah saya diajakin buat ikutan Liqo' (kajian) di Rohis. Karena sudah dikasi rujak, akhirnya saya setuju, dan mulai saat itu saya rutin ikut Liqo' tiap minggunya.
Setelah kelas 2, saya pindah ke Pontianak dan sekolah di SMAN 7 Pontianak. Di sini saya juga ikutan liqo' di Rohisnya. Oh ya, nama Rohis di sini adalah Forum Kajian Islam (FKI) Al-'Ilmi. Dari hanya mengikuti Liqo' saya mulai aktif di organisasinya. Saya mulai terlibat kepanitiaan berbagi acara, mulai dari Pesantren Kilat, Muktamar, Hari Besar Islam, dan lainnya. #JadiSibuuk

My Action With Rohis :)
Aktif di beberapa kepanitian membuat saya lebih akrab dengan anggota Rohis lainnya dan mulai dikenal sebagai anggota yang cukup hiperaktif (bantu komunitas, maksudnya). Nah, imbasnya pada Muktamar Tahun 2011. Entah dapat mimpi apa, saya dipercaya buat ngemban amanah sebagai Ketua Umum. #jedeeng #Kaget
Berkat jabatan saya sebagai Ketua inilah saya cukup aktif di semua kegiatan. Berbagai kegiatan yang pernah menjadi aksi saya dan temen-temen pun masih saya ingat, nah ini dia aksi-aksi itu :

PHBI, ini singkatan dari Perayaan Hari Besar Islam, sebuah kegiatan yang bertuuan untuk merayakan hari-hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Isra' Miraj serta Idul Adha.

Semarak Ramadhan, kegiatannya buat ngramein Ramadhan dengan amal-amal shalaeh seperti Pesantren Kilat, Pawai Ta'Aruf, dan Buka Puasa Bersama #Kenyaang
Waktu Pesantren Kilat : Jadi Trainer
BBM, singkatan dari Bersih-Bersih Mushala. Tujuannya biar Musholanya bersih, Kebersihan Sebagian Dari Iman. #KeluarHaditsnya

Tafakur Alam, sebuah kegiatan untuk mengkaji ayat-ayat Allah yang berupa ciptaanNya. Kegiatnnya seperti kemah. Saya 2 kali ikut ini, yang pertama bareng anak SMAN 3 Pontianak, namanya AFD. Terus juga pernah kegiatan internal FKI Al-"Ilmi, namanya RCTI (Rihlah Ceria Tetap Islami). Suasana ketika Tafakur Alam sungguh asyik. Bayangkan deh, Sholat Wajib + Sunnah ditepi Pantai #SejukHati

Nasyid , pam pam pam pam, hehehe. Begitu kalo' kami sedang bernasyid ria. Saya ikutan nasyid di SMAN 7 Pontianak. Meski masih amatir tapi sangat berkesan. Pengalaman paling mengesankan (memalukan) itu ketika ikutan lomba nasyid tapi kostumnya telo' belanga (pakaian adat). #MaluBanget

Lagi Nasyid
Others , Banyak aksi lainnya yang saya lakukan sama temen-temen di FKI Al-"Ilmi. Tapi cukup panjang kalo' diceritakan di sini. Lain kali saya akan buat postingan khusus untuk kegiatan-kegiatan Rohis. #Insya Allah


What I've Get?
Tentunya saya mendapatkan banyak manfaat dari aksi-aksi saya bersama komunitas satu ini. Bersama Rohis saya bisa ngedapetin :

Paham Agama, Buat anak Rohis yang rajin ikut Liqo' Insya Allah pemahaman Agamanya akan bertambah. Saya sendiri merasakannya, saya lebih mengeti tentang hukum-hukum dalam Agama Islam. Thank's for My Mentor, Bang Bili.  Berkat kemurahan hatinya untuk berbagi ilmu, saya menjadi lebih mengerti tentang Islam.

Banyak Temen, Setelah aktif di Rohis, saya mendapatkan banyak temen baru. Bukan hanya dari dalam Rohis saja, tetapi di luar Rohis. Saya banyak kenal temen dari kelas lain (maklum saya anak pindahan, jadi kurang kenal dengan anak kelas lain) hanya karena sering nyamperin sekretaris dan bendahara di kelasnya. Selain itu, saya juga mendapat teman dari luar sekolah. Ya, saya banyak mendapat teman dari anak sekolah lain yang juga ikutan Rohis.

Bersama Adik-Adik Pengurus yang baru
Bersama temen-temen dari SMAN 1 Singkawang di AFD

Bersama adik-adik kelas X di Pesantren Kilat
Bersama Pengururs Rohis FKI Al-'Ilmi 2010-2011


Banyak Pengalaman, Dengan banyak melakukan aksi tentunya membuat saya mendapatkan banyak pengalaman. Dari yang ndak enak sampe yang enak. Yang ndak enak tuh waktu saya lagi enak-enak tidur di kelas karena aktivitas malam saya (10% Ibadah, 20% Nonto TV, 20% Ngelamun, 50%Tidur), saya dibangunin sama Bu Yuli (Pembina Rohis) karena mau ditanyai tentang kesiapan suatu acara. Yang enaknya, waktu habis acara biasanya dapat makan gratis. hehehe #MentalGratis 

Menang Lomba, Saya memang belum pernah memenagi lomba atas nama Rohis. Tapi, saya sering menang lomba berkat Rohis. Di Rohis saya dapat sebuah jargon yang buat saya semangat, apalagi kalo' bukan ALLAHU AKBAR!!!  FYI, setiap saya mewakili sekolah untuk lomba, saya selalu buat status FB dengan jargon tersebut di akhir status saya. Hasilnya dari 9 lomba, saya bisa bawa pulang 6 piala ke sekolah :)

Waktu Lomba Debat Hukum, Alhamdulillah dapat Juara 3

Waktu Lomba LCC IPS Khatulistiwa, Alhamdulillah dapat Juara 1

Motivasi
Buat antum yang bergelut di Rohis, saya yakin antum bisa semangat. Jangan menyerah dengan segala tantangan. Yakin kalo' antum selalu ditolong oleh Allah SWT. dan yakin antum akan mendapat balasan yang baik kelak.


"Demi Waktu. Sesungguhnya manusia dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan dan saling mengingatkan dalam hal kesabaran". (Al-Ashr :1-3)

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya. Buat kamu yang belum bergabung di Rohis, saya saranin cepetan gabung di komunitas satu ini. Insya Allah banyak manfaat yang didapat. Dan buat yang udah bergelut, Keep Istiqomah !!!! Jadilah Jundi-Jundi Allah yang pantang menyerah!!!

Yu' Berdo'a buat kemajuan Rohis



Keterangan : Tulisan ini dibuat untuk diikutsertakan dalam Lomba Blog Aku dan Komunitas yang diselenggarakan oleh dBloggerSuroboyo.

Sumber Gambar :  
http://rrj-sman1sera.blogspot.com/2011/06/apa-itu-rohis.html
Koleksi pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar