Pengikut Kolot...

Rabu, 29 Februari 2012

Internet, Solusi Industri Kreatif untuk Bisa Eksis

Bicara tentang Industri Kreatif, pastinya bicarain tentang negara. Yuph, bener banget, negara ini akan pesat perkembangannya bila ditopang oleh industri kreatif. Sedikitnya ada 5 alasan saya berani berpendapat seperti itu, yaitu :

1. Industri kreatif bisa diandalkan untuk membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Tentunya hal ini akan berdampak baik pada masyarakat setempat karena bisa menjadi sumber penghasilan. Dan untuk negara ini, pastinya akan membantu untuk mengurangi pengangguran.
2. Industri kreatif bisa menyumbangkan pajak dari penghasilan yang didapatkan dari segala jenis usahanya. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya pendapatan negara, yang ujung-ujungnya akan berdampak pada perbaikan infrastrukrur dan pelayanan masyarakat.

3. Hasil produk Industri kreatif dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga import produk dari luar tidak perlu lagi dilakukan atau dapat diminimalisir.
4. Industri kreatif bisa meningkatkan surplus neraca pembayaran Indonesia melalui ekspornya.
5. Industri kreatif dapat memperkenalkan Indonesia kepada dunia melalui produk-produknya.

Nah, berkaca dari 5 alasan di atas, dapat disimpulkan bahwa industri kreatif sebenarnya dapat diandalkan untuk dijadikan topangan bangsa ini. Namun, kendala yang sering muncul di Industri Kreatif adalah masalah pemasaran. Seringkali produk-produk industri kreatif hanya dapat dipasarkan di daerah lokal saja. Tentu sangat disayangkan sekali bila produk industri kreatif yang memiliki kualitas hanya mampu eksis di sekitarnya saja. Untuk itu perlu solusi agar pemasaran produk industri kreatif dapat eksis untuk wilayah yang luas, dan saya menemukan solusi yang tepat yaitu dengan menggunakan Internet.

Sudah menjadi bahasan yang basi bila Internet sudah membudaya di masyarakat Indonesia bahkan dunia. Nah, membudayanya internet inilah yang menjadi alasan bahwa internet adalah solusi yang tepat untuk dijadikan media promosi, sehingga produk-produk industri kreatif dapat eksis. Para pengguna internet adalah sasaran empuk untuk dijadikan target promosi. Tetapi, untuk bisa eksis melalui Internet, produk industri kreatif yang dipromosikan juga harus memenuhi persyaratan yaitu produk industri kreatif yang dipromosikan haruslah benar-benar memiliki kualitas karena kualitas adalah alasan mengapa pembeli mau membeli produk tersebut. Dan, untuk bisa eksis melalui internet, dibutuhkan media yang tepat dalam mempromosikan produk industri kreatif. Di bawah ini, saya merangkum beberapa media yang dapat dilakukan melalui internet agar produk industri kreatif dapat eksis.



1. Social Network
Masyarakat dunia sekarang ini sedang dilanda demam social network. Facebook dan Twitter sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi tiap orang bila mereka sudah mengenal internet. Nah, mereka lah yang menjadi target promosi anda. Caranya cukup mudah, anda tinggal membuka akun Facebook dan Twitter untuk produk industri kreatif anda. Cari teman sebanyak-banyaknya, lalu buat status atau tweet yang menceritakan tentang produk anda.
Bila anda masih ingat dengan bagaimana twitter dapat membuat akun pocooong eksis, itulah salah satu dahsyatnya media social network untuk dijadikan media promosi agar produk insudtri kreatif yang kita tawarkan dapat eksis dan laku terjual di internet.




2. Youtube
Masih ingat dengan fenomena mengEksisnya Briptu Norman Kamar? Ya, Briptu Norman Kamaru dapat eksis di media televisi diawali dengan videonya di Youtube. Produk anda juga dapat menjadi eksis dengan bantuan youtube. Anda tinggal membuat video yang mengulas produk anda lalu menguploadnya ke youtube. Tetapi, untuk yang satu ini, anda harus berpikir kreatif untuk pembuatan video. Pasalnya, hanya video yang menarik yang dapat membuat pengunjung youtube tertarik untuk melihatnya.

3. Website
Website dapat berupa toko online dan Blog yang mengulas tentang produk industri kreatif yang dipromosikan. Nah, untuk promosi lewat website ini, dibutuhkan keahlian SEO (Search Engine Optimazion), yaitu suatu upaya yang dilakukan agar website kita dapat tampil di halaman depan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Ask, dan lainnya. Semakin atas tampilan website di mesin pencari, semakin banyak pula pengunjung website kita. Dampaknya adalah penjualan melalui website akan meningkat karena banyak pengunjung yang membeli produk yang ditawarkan.

Nah, ke-3 media di atas, adalah media yang paling besar kemungkinan untuk berhasilnya bila di jadikan media promosi di internet. Semuanya akan jadi lebih maksimal bila ke-3 media di atas dipadukan. Memadukan ke-3 media di atas dapat dilakukan dengan cara :

1. Buat website, bisa berupa toko online atau blog.
2. Buat facebook fan page dan akun twitter untuk website yang menjual atau mengulas produk industri kreatif anda. Cantumkan link website anda, sehingga pengguna social nerwork bisa mendapatkan ulasan yang lebih luas lagi tentang produk anda melalui website yang linknya sudah ditautkan di social network anda.
3. Buat video youtube, lalu cantumkan link website anda. Video di youtube juga dapat ditambahkan di website anda sebagai bahan ulasan bagi pengunjung sehingga dapat menambah keyakinan pengunjung dengan produk yang ditawarkan.

Nah, itu cara memadukan ke-3 media di atas. Kuncinya adalah anda harus kreatif dalam mempromosikan produk industri kreatif melalui internet. Tapi ingat, promosi yang dilakukan harus seimbang dengan kualitas dari produk itu sendiri. Jangan sampai produk anda yang sudah eksis menjadi jelek namanya karena ada keluhan dari pelanggan. Hal ini karena produk anda akan dijadikan bahan omongan di dunia nyata maupun dunia maya. Tentu saja informasi yang mengatakan bahwa kualitas produk anda itu jelek akan cepat tersebar sehingga orang akan menjauhi produk anda. Sebaliknya, bila kualitas produk anda memang bagus, pelanggan akan membicarakan tentang kualitas bagus dari produk anda, informasi yang cepat tersebar akan membuat mereka yang ingin tahu lebih jauh tentang produk yang ditawarkan akan datang sendiri ke website atau media promosi anda di internet. Hasilnya yang didapat adalah produk anda akan semakin eksis di internet.

Bila memang anda pandai memadukan cara-cara promosi di internet, bukan tak mungkin produk industri kreatif yang ditawarkan akan eksis sampai ke luar negeri. Tentunya, permintaan akan produk tersebut akan meningkat yang berujung pada peningkatan keuntungan yang didapat. Keuntungan tersebut nantinya dapat dikelola lagi untuk mengembangkan produk-produk industri kreatif juga. Semakin berkembang produk-produk industri kreatif, akan berdampak postif bagi negara ini.

Internet yang sudah membudaya sangat penting dimanfaatkan bagi pelaku industri kreatif, sekarang tinggal memilih bagaimana melakukannya? Mau seperti cara yang sudah saya terangkan di atas? atau dengan cara yang lain. Yang jelas, dengan cara apapun, Internet adalah solusi untuk membuat produk industri kreatif untuk bisa eksis. So, Be Creatife!!!

Motivasi :

"Orang sukses selalu melihat sesuatu yang biasa dengan cara yang luar biasa"

Jangan hanya seperti orang kebanyakan, yaitu menjadikan internet hanya untuk media jejaring sosial. Lihatlah internet sebagai media yang tepat untuk promosi dan mengeksiskan produk yang kita miliki.


 
Keterangan : Tulisan ini dibuat untuk diikut sertakan dalam Lomba Penulisan Blog yang diselenggarakan oleh Axis


sumber gambar :
1. http://finance.detik.com/read/2009/03/22/174847/1103358/5/bni-dukung-industri-kreatif
2. http://foto.detik.com/readfoto/2012/02/28/101607/1853214/461/1/birokrasi-kaku-hambat-industri-kreatif 
3. http://anashambaallah.blogspot.com/2012/01/creative-thinking.html

5 komentar:

  1. Yo mas bro, internet membuat wawasan bertambah hingga bisa menjadi kreatif dan berinofasi :D

    salam dari saya celotehan pemuda desa
    dari ujung neegeri borneo

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip bang Deo, memang internet bisa buat kita semakin kreatif karena banyak hal baru yang bisa didapat lewat internet.

      Hapus
  2. So, jangan merasa ribet ya, kalau ada akun FB yg kerjanya ngetag2 foto-foto produk jualannya terus :D

    BalasHapus
  3. bang bili : hahaha, iya bang. Mau ndak mau lah bang. Kalo udah di tag ya tinggal dilihat, kalo tertarik dibeli, kalo ndak ya di close aja, kalo ndak mau menuhin kronolgi atau dinding tinggal dihapus aja.

    BalasHapus
  4. bagus ya artikel ini, eksis memang sangat marak saat ini dengan hal'a juga narsis..
    :D

    penulis super

    BalasHapus