Pengikut Kolot...

Sabtu, 07 Januari 2012

Resolusi Juara 2012 : Membuat Perpustakaan Online untuk Pelajar



"Masa depanmu bergantung dengan apa yang kamu baca sekarang..." (Bong Chandra)


Kata mutiara di atas saya dapat ketika membaca UMN INSIGHT yang saya dapat ketika mengikuti openhouse UMN di Pontianak. Setelah membacanya, saya langsung menyetujui kata tersebut. Bukan karena nama besar Bong Chandra sebagai motivator, tetapi karena makna di balik kata tersebut.
Saya mengartikan kalimat Bong Chandra seperti berikut :



"Apa yang kita baca adalah sumber dari pengetahuan kita yang akan kita gunakan untuk bekal kita di perjalanan hidup ini, bila memang pengetahuan kita banyak, maka bekal untuk hidup layak di masa depan akan cukup, tetapi bila sedikit, maka  kemiskinan, kebodohan, kesengsaraan, dan kemaksiatan lah yang akan kita dapatkan di masa depan kita." 

Dengan membaca kalimat tersebut saya menjadi tergugah untuk meningkatkan frekuensi membaca saya, dan Alhamdulillah sudah dapat saya lakukan dengan bukti saya mendapatkan peringkat bagus di sekolah saya, SMA Negeri 7 Pontianak.
Saya ingin apa yang saya dapatkan melalui membaca juga dapat dirasakan oleh orang lain. Lalu muncul pemikiran di benak saya untuk mengajak mereka agar giat membaca. Namun, saya sadari benar untuk mengajak orang lain membaca tidaklah mudah. Untuk itu perlu cara yang tepat agar orang lain dapat giat membaca. Mengajak mereka untuk sering membeli buku adalah hal yang tidak realistis, dan bila mengajak ke perpustakaan akan sangat sulit. Itu karena banyak perpustakaan baik sekolah maupun daerah yang belum memiliki fasilitas yang memadai bagi para pembacanya. Dan setelah saya membolak-balikkan pikiran saya, akhirnya timbul niat untuk membuat sebuah perpustakaan online.

Barang kali sudah menjadi bahasan yang basi bila internet sudah menjadi salah satu budaya bagi manusia sekarang ini. Hampir semua orang pernah menggunakan Internet, dan banyak dari mereka yang menggunakan Internet untuk mengakses situs - situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Nah, ide saya adalah menjadikan situs - situs jejaring sosial tersebut sebagai jaring untuk menangkap para netter lalu menampug mereka di sebuah situs yaitu perpustakaan online yang saya maksud di atas.

Perpustakaan  Online yang nantinya saya buat akan memuat bahan bacaan berupa ebook, para pengunjung nantinya dapat mendownload ebook tersebut. Untuk sementara ini saya masih membuat perpustakaan onlne tersebut memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Blogger.com dan saya akan terus mengembangkannya. Rencana saya, pada akhir januari ini perpustakaan online tersebut akan selesai dibuat. Dan  bila direstui oleh Allah, saya akan membuatnya dalam versi web, dengan fasilitas yang lebih lengkap seperti adanya pdf viewer pada web tersebut sehingga selain dapat mendownload ebook, pengunjung dapat membaca langsung di web perpustakaan online tersebut. Selain itu, saya juga akan membuat versi mobile-nya agar mereka yang ingin membaca dapat membaca langsung dari handphone mereka.

Saya sangat menyadari, untuk membuat sebuah perpustakaan online akan terkendala pada koleksi buku. Tidak banyak memang orang yang ingin membagi buku mereka untuk dijadikan sebgai ebook, lalu dimuat pada perpustakaan online. Untuk itu, saya sangat berharap kepada teman-teman yang memiliki hobi menulis untuk memagi bukunya di perpustakaan online yang saya buat ini. Dan saya berharap nantiya ada kebijakan pemerintah yang membolehkan mentransripkan buku-buku yang ada di Perpustakaan Nasional menjadi ebook dan boleh di download secara bebas oleh masyarakat.

Nah, untuk yang versi Blog dri perpustakaan online akan saya isi dengan ebook-ebook BSE (Buku Sekolah Elektronik). Hal ini karena, target awal saya untuk perpustakaan online ini adalah dapat membantu pelajar khususnya mereka yang akan menempuh Ujian Nasional. Saya sendiri akan menepu Ujian Nasional SMA pada bulan April mendatang. Dan saya sangat merasakan ahwa membaca adalah kebutuhan saya yang pokok untuk sekarang. Banyak materi yang harus saya pelajari agar bisa lulus dengan nilai yang baik.

Perpustakaan Online yang akan saya buat nanti juga saya tujukan untuk saya. Saya berharap dengan membuat situs yang menampilkan ebook-ebook tentang bahan pelajaran membuat saya dapat menyerap ilmu dari ebook-ebook tersebut. Target saya pribadi untuk Ujian Nasional adalah menjadi Juara di Jurusan Sekolah dengan nilai yang memuaskan, dan apabila Allah mengijinkan saya ingin menjadi Juara untuk Ujian Nasional SMA jurusan IPS se-Indonesia. Semoga saja, Amin :)

Nah, bagi anda yang ingin mengunjungi Perpustakaan Online tersebut, silahkan langsung saja kunjungi Mari Baca Ebook

Semoga dengan membudayanya Internet di kalangan masyarakat khususnya Pelajar dapat meningkatkan frekuensi membaca kita. Saya sangat berharap apa yang saya lakukan ini mendapat hasil yang memuaskan. Dan terakhir, saya mohon do'anya kepad teman-teman sekalian.


3 komentar:

  1. detik akhir :D
    hahahaha

    kunjungan juga ya
    muthiaandinapradipta.blogspot.com
    gak ikut lomba apa-apa sampe saat ini ...hahahaha ,tapi silahkan liat-liat :)

    BalasHapus
  2. Ditunggu ja' ni Perpus Onlinenya :)
    Mampir jg k as-sabili.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Bang Bili : Oke bang, internet segera dilaunching :)

    Muthia : yuph, ane visit blog mu...
    Thank's udah komen...

    BalasHapus