Pengikut Kolot...

Selasa, 31 Januari 2012

Memulai Bisnis Online

Sebelumnya saya sudah membuat sebuah postingan yang berjudul mengenal bisnis online. Nah, kali ini saya akan membahas tentang bisnis online kembali mulai dari pengertian sampai cara-cara bagaimana memulai bisnis online. Oke, kita mulai saja.

- Apa itu Bisnis Online?
Menurut saya, bisnis online adalah cara yang dilakukan oleh para praktisi bisnis online untuk menghasilkan uang/penghasilan melalui bisnis yang dijalankan dengan bantuan koneksi internet.


- Mengapa harus berBisnis Online?
Alasan utama bagi kita untuk memulai bisnis online adalah penghasilan dari bisnis online tidak terbatas. Dikatakan tidak terbatas karena penghasilan dari bisnis online tergantung dari seberapa keras kita berupaya di bisnis ini.



alasan-alasan lain untuk memulai bisnis online antara lainnya sebagai berikut :
1. Kehidupan manusia tidak terbatas tetapi alat pemenuhannya terbatas (wuih, udah kaya' pelajaran ekonomi SMA aja nih,hehe). Begini penjelasannya kalo dikaitkan dengan bisnis online. Manusia yang memiliki kebutuhan tidak terbatas tentu akan selalu berusahan untuk memenuhi kebutuhannya, nah dalam memenuhi kebutuhannya itu ada kebutuhan yang tidak bisa mereka dapatkan di lingkungan sekitar mereka atau bila ada itupun terbatas. Nah, inilah yang bisa kita manfaatkan untuk menyediakan kebutuhan mereka tersebut. Contoh kasusnya :


Mr.A yang tinggal di pulau gajah akan mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang properti. Untuk menunjang usahanya tersebut Mr.A membutuhkan desain untuk logo perusahaan, stationery lainnya dan website perusahaan. Mr.A telah mencari-cari pihak di pulau gajah yang mampu membuatkan semua keperluan Mr.A tersebut, namun tidak ada yang bisa melakukannya. Nah, Mr.A lalu mulai mencari solusi untuk mencarinya di internet dengan bantuan search engine. Di Search Engine, banyak muncul pihak yang sanggup melakukan apa yang diperlukan oleh Mr.A. Lalu Mr.A menggunakan jasa salah satu pihak yang ada di hasil pencarian search engine sebut saja Mr.D. Terjadilah transaksi bisnis yang dilakukan oleh Mr.A dan Mr.D.

Nah, yang saya maksud alasan dari pernyatan di sini adalah, kita memiliki kesempatan untuk berbisnis dengan menyediakan jasa kita (dalam kasus ini di bidang desain grafis) untuk orang yang memerlukannya.

2. Bekerja sebagai praktisi bisnis online tidak ada ikatan dengan pihak manapun. Hal ini tentu membuat kita bekerja tanpa tekanan.

3. Kita akan memiliki waktu santai yang lebih banyak. Karena bisnis online ini yang mengendalikannya adalah kita. Kapan kita mau itulah waktunya (mungkin lebih tepat, kapan kita butuh itu waktunya).

4. Penghasilan yang besar. Jangan senang dulu ya dengar alasan yang satu ini. Bisnis Online memang menjanjikan penghasilan yang besar, namun denga kerja yang besar pula. Tapi tunggu dulu, kerja besar bukan berarti kerjanya lama, banting tulang (nanti patah deh tuh tulang), lembur yang bikin cape. T\Kerja besar maksudnya kerja yang tepat dan efektif. Saya pernah membaca ebook tentang bisnis online (ebook ini berisi tentang tips-tips bagi para praktisi bisnis online), si pembuat ebook menghasilkan $1000 dalam 1 bulan dengan waktu kerja selama 2 jam/minggu. Itu semua pasti dengan cara yang tepat dan efektif.

5. Bebas memilih tempat. Bekerja di Bisnis Online memberikan kita kesempatan untuk bebas memilih tempat (posisi) apa saja yang kita mau sesuai dengan kemampuan kita. Nah, posisi-posisi yang mungkin ada akan saya jelaskan di bagian bawah nanti.


- Apa saja yang bisa dilakukan di Bisnis Online?
 Nah, saya sudah katakan bahwa kita bebas memilih tempat di bisnis online. Semuanya tergantung dengan kemampuan kita. Ada beberapa jenis bisnis online yang perlu anda ketahui sebelum memulai bisnis online, yaitu :

1. Trading (Jual-Beli). Mungkin anda sudah sering mendengar tentang toko online. Nah, itu adalah contoh dari tipe yang satu ini.Barang yang dijual dapat berupa barang yang biasa di jual di toko-toko biasa, ebo0k, software dan lainnya. Di Trading kita berkesempatan untuk ambil bagian di bidang, Penjual, Penyedia/pembuat Script toko online, dan juga merketingnya (kalo di Bisnis Online ada istilah Internet Marketing, ini anti saya bahas di bagian bawah).

2. Advertising. Pasti sudah barang umum kalo jumlah pengguna internet sangat tinggi. Hal ini memungkinkan internet sebagai media promosi yang ampuh. Nah, atas dasar inilah banyak pihak-pihak yang memberikan jasa sebagai tempat beriklan. Beriklan di Internet dapat melalui situs-situs yang memiliki pengunjung yang banyak sehingga dapat dilihat oleh banyak orang. Selain itu, dapat juga beriklan di situs-situs yang menyediakan jasa periklanan per klik seperti Google Adwords. Situs seperti ini memiliki member advertiser yang siap menampilkan iklan anda di situs-situs member advertisernya. Untuk tipe yang satu ini anda bisa menjadi advertiser-nya baik langsung ataupun dengan menjadi member dari situs seperti Google Adsense (situs yang menampilkan iklan dari Googel Adwords) dengan syarat anda harus mempunyai situs atau blog yang memiliki traffic pengunjung yang tinggi.

3. Affiliate Marketing. Tadi saya sebutkan bahwa anda mungkin bisa menjadi marketing dari sebuah situs jual-beli. Ya, sama seperti di bisnis nyata, bisnis online kadang juga memerlukan pihak marketing untuk memasarkan produk mereka. Marketing di Bisnis Online sering disebut dengan affiliate.
Pemasarannya dilakukan menggunakan internet atau di sebut Internet Marketing. Banyak cara yang bisa dilakukan melalui internet marketing seperti artikel marketing Menggunakan media artikel), promosi di forum-forum online, dan juga menggunakan jasa advertising seperti di tipe 2 tadi.
Affiliate akan mendapatkan penghasilan berupa komisi dari penjualan yang dilakukan dengan perantara si affiliate tersebut.

4. Get Paid To...
Untuk yang satu ini, anda akan mendapatkan penghasilan bila anda melakukan suatu hal seperti mereview suatu produk, mengklik suatu iklan, mendapatkan satu referral, membuat desain di situs kontes desain dan lainnya.




Itu dia 4 jenis bisnis online yang umum.Anda dapat memilih sendiri posisi anda nantinya di mana, tergantung dari kemampuan anda tentunya.


- Bagaimana memulai Bisnis Online?
Nah, bagi anda yang berniat untuk memulai bisnis online. Saya sarankan untuk memulainya dengan hal yang mudah terlebih dahulu. Cara yang paling mudah adalag memulai bisnis online dengan ngeBlog. Bagi saya wajib hukumnya untuk pemula di bisnis online untuk belajar  tentang Blog. Hal ini karena Blog adalah tipe Web yang paling gampang dikelola sehingga tidak menghambat proses belajar bisnis online kita. Lalu, apa gunanay Blog buat Bisnis Online? Nah, Blog itu akan kita gunakan untuk belajar berbisnis online untuk ke-4 tipe jenis bisnis online di atas :

1. Blog untuk Jual-Beli
Untuk yang satu ini, anda dapat menggunakan Blog untuk toko online anda. Blog yang bisa dibuat toko online dengan sistem yang canggih adalah Wordpress karena dapat dilengkapi dengan plugin eCommerce.

2. Blog untuk advertising
Untuk advertising anda dapat mnejadi advertiser dengan syarat Blog anda memiliki traffic pengunjung yang tinggi. Anda dapat membuka sendiri kesempatan beriklan di blog anda dengan memberikan pengumuman di blog anda bahwa blog anda menerima penayangan iklan dengan biaya yang anda tentukan. Alternatif lainyya adalah dengan bergabung dengan situs advertising network seperti Google Adsense. Anda akan mendapat bayaran dari setiap klik iklan yang terjadi di Blog anda.

3. Blog untuk affiliate marketing
Bagi affiliate marketing wajib hukumnya untuk memiliki sales page. Nah, bagi yang belum ahli dalam pemrogaman web dapat menggunakan Blog sebagai sales pagenya. Sales Page ini akan digunakan untuk menangkap calon pembeli produk yang anda promosikan.

4. Blog untuk Get Paid To...
Untuk yang satu ini, anda bisa mencoba untuk mereview sebuah produk dengan postingan di blog anda. Syarat anda mendapatkan tawaran untuk mereview sebuah produk adalah pengunjung blog anda harus banyak.

Nah, bagi anda yang serius ingin memulai bisnis online, wajib belajar Blog. Beruntungnya untuk belajar Blog tidaklah sulit karena sudah ada lembaga yang memberikan pelatihan tentang Blog yaitu Sekolah Blog. Dan salah satu sekolah Blog yang bagus adalah Asta Media Blogging School. Asta Media Blogging School memiliki 2 progam untuk anda yang ingin belajar Blog, yaitu :

1. Basic Blogging (Progam ini untuk anda yang beum tahu sama sekali tentang Blog)
    Durasi pertemuan     : 3 x pertemuan
    Waktu                     : 09.00 - 21.00 Wita.
    Biaya                       : Rp200.000

    Feature :
   1. Kelas full AC
   2. Setiap siswa mendapat satu komputer
   3. Hanya 6 siswa/kelas
   4. Pelajaran menggunakan LCD Proyektor
   5. Gratis Konsultasi selama pembelajaran

2. Blogging Pro (Untuk anda yang ingin mendalami Blog dan ingin mendaptkan penghasilan dari internet)
    Durasi                     :   7 x pertemuan (1,5 Jam tiap pertemuan)
    Waktu                    :  09.00 - 21.00 Wita.
    Biaya                      : Rp2.500.000

    Feature :
   1. Kelas full AC
   2. Setiap siswa mendapat satu komputer
   3. Hanya 6 siswa/kelas
   4. Pelajaran menggunakan LCD Proyektor
   5. Gratis domain PR1 dan hosting 1 tahun
   6. Gratis Konsultasi selama pembelajaran

 3. Blogging Professional
     Progam ini adalah kelas spesial bagi yang memiliki profesi seperti dokter, akuntan, banker, dan lain-lain.
     Blog akan diterapkan untuk mendukung profesi tersebut.
     Waktu, biaya, dan semua hal yang berkaitan dapat dikondisikan sesuai dengan keadaan.

Bagi anda yang berminat belajar Blog bisa memilih  salah satu progam di atas, disesuaikan dengan kondisi anda.

Foto dan Video Asta Media Blogging School :



- Bahaya Bisnis Online
Oke, bagi anda yang ingin menjadi praktisi bisnis online jug aperlu mengetahui bahwa bisnis online juga memiliki resiko. Banyak penipuan-penipuan (Scam) yang terjadi. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam menjalankan bisnis online anda. Cermati segala hal yang berkaitan dengan bisnis online anda, seperti dengan siapa anda bertransaksi, legalitas situs yang anda gunakan untuk bisnis online, testimonial orang-orang tentang situs itu, dan lainnya yang menunjukkan keamanan situs tersebut.


- Bukti keberhasilan Bisnis Online
Nah, untuk membuktikan bahwa Bisnis Online memang menghasilkan saya berikan bukti pembayaran yang saya terima dari hasil kerja saya sebagai graphic designer :





Semoga ini dapat memacu semangat anda untuk mendapatkan apa yang saya dapat.

Search Engine Optimazion (SEO)
Search Optimazion adalah cara untuk mengoptimalkan halaman web kita agar bisa tampil di urutan atas mesin pencari seperti Google, Yahoo.com, dan Ask.com.
SEO sangat penting bagi bisnis online karena ini adalah muara pengunjung anda datang ke situs/blog anda.
Anda perlu belajar teknik - teknik SEO yang baik agar halaman web anda bisa tampil di urutas atas Mesin Pencari.


Pengunjung adalah kunci dari bisnis online apapun. nah, SEO adalah solusinya. Anda bisa belajar dengan mencari-cari di Googel, membeli buku yang memabahas tentang SEO, atau menggunakan jasa para konsultan SEO untuk menaikkan rating Blog anda


Terakhir, saya berdo'a artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya terutama bagi anda yang serius terhadap bisnis online semoga anda mendapat kesuksesan di bisnis online anda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar