Pengikut Kolot...

Minggu, 29 Januari 2012

Membuat Blog di Blogger

Blog (Web Log) adalah aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting). Melalui Blog, pemilik Blog dapat memposting artikel-artikel yang dimilikinya di Blognya tersebut untuk dibagikan kepada para pengunjung Blog.

Sekarang ini sudah banyak platform-platform Blog, salah satunya adalah Blogger.com. Blogger adalah platform Blog yang dimiliki oleh Googgle. Keunggulan yang dimiliki oleh Blogger.com dibanding dengan platform Blog lainnya adalah dari segi tampilan. Blogger.com memungkinkan penggunanya untuk mengutak-atik Blog sesuai keinginannya.

Untuk membuat Blog dengan Blogger.com, anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Bagi anda yang belum memiliki akun Google dapat membuatnya dengan panduan dari artikel ini membuat akun Google.



Nah, setelah anda memiliki akun Google anda sudah dapat membuat Blog anda sendiri. Langkah-langkah untuk membuat Blog di Blogger sebagai berikut :

1. Buka http://blogger.com, login dengan menggunakan password akun Google anda.




2. Masukkan nama tampilan anda. Nama tampilan ini adalah nama yang akan dipublikasikan oleh Blogger kepada para pengunjung anda. lalu centang pilihan Send me feature.... bila anda ingin mendapatkan email notifications dari Googel, bila tidak jangan dicentang. Setelah itu, pilih Gender anda dan centang I accept the terms of service. dan terakhir klik Continue.



3. Sekarang anda dibawa ke dahboard anda. Nah di sini informasi tentang Blog anda dan navigasi untuk mengelola Blog anda tersedia. Untuk membuat Blog pertama anda, silahkan klik Blog Baru.

.
4. Muncul jendela pop-up. Masukkan judul Blog yang anda inginkan, dan alamat (url) blog anda. Setelah itu pilih Template Blog anda, terakhir klik Buat Blog



5. Sekarang blog anda sudah jadi. Coba anda tampilan blog anda  dengan menekan tombol Lihat Blog.


Nah, sampai disini Blog anda sudah jadi meski belum ada posting/tulisannya. Untuk membuat postingan pertama anda, silahkan klik mulai megeposkan sekarang. Untuk panduan membuat postingan Blog akan saya berikan di artikel selanjutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar